Cara Mengetahui Broker yang Pas Untuk Anda

Memilih suatu broker yang tepat adalah sebuah kewajiban yang baik bagi para trader. Agar Anda dapat menyesuaikan kemampuan dengan platform yang ada. Jika Anda salah memilih broker itupun akan berdampak kepada karir Anda sebagai trader.

1. Pastikan Legalitas dan Keuangan Perusahaan Sekuritas Aman

Untuk memilih sebuah sekuritas, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI. Cari tahu tentang latar belakang, pemegang saham, dan manajemen perusahaan dari kedua situs otoritas tersebut.

Modal dan kesehatan keuangannya perlu diperhatikan. BEI mempunyai peraturan yang cukup ketat mengenai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang dimiliki perusahaan sekuritas. MKBD adalah modal minimal yang harus dimiliki perusahaan sekuritas yang dikurangi komponen-komponen kewajiban.

Selain itu, coba cari cerita lain tentang sepak terjang perusahaan di pasar modal. Terkait dengan pernah-tidaknya terkena kasus besar atau bahkan penipuan yang pernah terjadi. Sehingga, nantinya tidak akan kaget. Sesuaikan dengan profil Anda.

Setidaknya ada sekitar 124 perusahaan sekuritas yang tercatat sebagai Anggota Bursa (ikut memiliki saham dari BEI), ada yang broker murni asing, patungan, anak usaha BUMN, dan lokal.

2. Kemudahan dalam Membuka Rekening Efek sebagai Nasabah

Saat ini BEI sedang mengusahakan agar pembukaan rekening efek bagi calon investor saham dapat diselesaikan dalam satu hari saja.

OJK dan BEI telah membolehkan tanda tangan elektronik dalam rangka know your customer (KYC) menggantikan tanda tangan basah. Peraturan tersebut tertuang dalam SEOJK Nomor 6/SEOJK.04/2019 tentang Pedoman Pembukaan Rekening Efek Nasabah dan Rekening Dana Nasabah Secara Elektronik Melalui Perusahaan Efek yang Melakukan Kegiatan Usaha Sebagai Perantara Pedagang Efek.

BACA JUGA : ROBOT TRADING DAN EA TERBAIK SEPANJANG TAHUN 2020

Peraturan tersebut memungkinkan calon investor tidak perlu mengisi formulir pembukaan rekening (FPR) dan Rekening Dana Investor (RDI) secara manual. Nah, jika perusahaan sekuritas telah mampu menerapkan layanan jasa tersebut tentu akan sangat memudahkan calon investor berinvestasi.

Layanan yang juga patut diperhatikan adalah online trading mengingat saat ini teknologi sudah merambah kehidupan sehingga jual-beli saham sudah bisa lewat klik saja di ponsel. Layanan online trading juga bisa jadi pertimbangan bagi investor jika ingin fleksibel dalam jual-beli saham.

3. Perhatikan Biaya Transaksi (Beli-Jual)

Pendapatan utama sebuah sekuritas tentunya dari transaksi saham yang dilakukan nasabah, perusahaan akan mengenakan biaya transaksi (fee), baik saat beli dan jual. Semakin banyak investor trading, makin cuan juga perusahaan sekuritas dari fee yang diterima.

Saat ini, fee beli-jual sekuritas berkisar dari 0,15%-0,25% hingga 0,25%-0,35%. Sebagai contoh, fee beli 0,15% dibebankan dari nilai saham yang dibeli, dan 0,25% dari nilai saham yang dijual.

Sebagai simulasi, jika transaksi Anda adalah Rp 10 juta, maka fee beli yang dibebankan adalah Rp 15.000, dan untuk menjual dengan besaran nilai saham yang sama maka fee jual yang dibebankan adalah Rp 25.000. Perhatikan juga apakah sekuritas memiliki batas minimal fee yang dibebankan ke nasabah.

Ada beberapa sekuritas yang membebankan biaya data pasar (market info) secara bulanan sebesar Rp 30.000-Rp 50.000 per bulan. Biaya tersebut bisa saja dihilangkan jika nilai perdagangan nasabah mencapai angka tertentu.

Biasanya, perusahaan sekuritas asing, memiliki fee yang lebih tinggi dibanding broker lokal.

4. Setoran Awal

Masing-masing sekuritas memiliki kebijakan sendiri mengenai setoran awal yang harus disetorkan nasabah setelah rekening efek sudah jadi. Ada yang mensyaratkan Rp 10 juta hingga ada pula yang di bawah Rp 500.000 sudah bisa buka rekening.

Sebagai catatan, calon Investor menyetorkan dananya ke nomor Rekening Dana Investor (RDI) atas nama calon investor itu sendiri, bukan atas nama orang maupun pihak lain.

Jika Kamu Ingin Mendapat Kesempatan Sukses di Dunia Trading dengan Konsisten, Maka Kami Hadir Memberi Solusi

Jika kamu sebagai trader namun masih meraih profit yang tidak maksimal bahkan mengalami kerugian. Maka sudah saatnya kamu coba dan beralih ke robot trading yang terpercaya.

Kami selaku penyedia robot trading atau expert advisor yang telah teruji serta memiliki akurasi analisa yang tinggi menjadi jawaban dari keinginan Anda yang ingin menghasilkan nilai profit yang nyata. Yuk! hubungi segera no WA 0899 700 8008 untuk pemesanan Expert Advisor dan Robot Trading Terbaik dan Terpercaya. Silahkan pahami lebih lanjut tentang profit dengan robot trading kami DISINI.